TIPS PENYEBAB AC SPLIT TIDAK DINGIN

Tips Penyebab ac split tidak dingin Bila filter sudah dicuci tapi rasa dingin masih tetap saja berkurang, berarti pada sisi-sisi evaporator sudah tertutup oleh debu/lumut.segera panggil teknisi ac anda untuk mencuci ac dengan mesin steam yg mungkin anda tidak memilikinya. 
ALT

Untuk mengetahui kapan ac split anda harus dicuci/diservice dengan merasakan angin yg keluar dari indoor unit ac split anda yaitu dengan cara, set kecepatan speed fan motor indoor unit pada posisi high.dengarkan angin yg keluar, apakah bunyi angin yg keluar tidak beraturan atau suara angin kasar, jika yah, berarti ac split harus segera dicuci/diservice.

Bunyi angin yg keluar tidak beraturan/kasar menandakan evaporator sudah tertutup oleh lumut yg membuat kipas blower dalam indoor unit hanya bisa menghisap udara dievaporator hanya sebagian, jadi angin yg keluar tidak beraturan.

Perhatikan juga bagian belakang outdoor unit yaitu condenser, apakah sudah tertutup oleh debu, jika yah, bersihkan dengan kuas atau semprotkan dengan menggunakan selang yg dialiri air pam.(jika outdoor unit dapat dijangkau oleh anda).

HAL HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN PADA AC SPLIT 
  • Bersihkan filter ac split yg berada pada indoor unit tiap tiga minggu sekali.
  • Jangan merokok didalam ruangan ber-ac, karena nikotin dapat menempel pada evaporator sehingga dapat membuat ac bau rokok.dan Lengket kotoran cepat menempel
  • Maikan ac, bila sedang menyemprotkan cairan pembunuh serangga.
  • Jangan meletakan suatu benda yang dapat menghalangi hembusan angin yang keluar dari outdoor unit.
  • Perhatikan diruangan kita terutama diatas lemari biasanya jarang sekali dibersihkan Ruangan kitabebas dari debu kitapun nyaman Ac pun aman. 
Cukup sekian Tips penyebab ac split tidak dingin semoga bermanfaat buat anda.

Komentar

  1. Selama ini saya kalau cuci ac selalu tambah Freon, Berarti langganan service saya tidak benar dong.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bukan tidak benar, tapi kurang jujur intinya ac tidak akan abis freon nya,Kecuali kalau ada yang bocor,minta tunjukan yang bocor nya dibagian mana.? kalau pipa ac ada yg bocor pasti kelihatan ada yg mengkilap karena oli keluar, cek dengan busa sabun pipa yg dicurigai bocor dalam keadaan nyala ac nya , kalau mau dimatiin ac nya cepat dielap dulu busa sabun nya. karena kalau ada yg bocor diwaktu ac dimatiin akan terisap kedalam pipa.

      Hapus

Posting Komentar