CARA MERAWAT SMARTPHONE YANG EFEKTIF

Cara Merawat Smartphone yang Efektif Tips dan cara merawat smartphone – Pada zaman yang makin modern ini kebutuhan telekomunikasi semakin meningkat pesat.  Dari anak-anak sampai orang tua menggunakan alat komunikasi simple nan praktis baik itu untuk berkomunikasi ataupun sekedar untuk hiburan saja. Berbagai smartphone di dunia ini mempunyai berbagai macam bentuk dan sistem operasi yang berbeda dengan brand ataupun merk yang bermacam-macam pula. Jika anda pengguna smartphone tentunya anda tidak menginginkan perangkat anda cepat rusak serta tidak awet bukan? Oleh karena itu diperlukan tips dan cara merawat smartphone yang optimal untuk membuat smartphone anda agar tetap terlihat bagus luar-dalam serta menjalankan fungsinya dengan baik. Nah bagaimanakah cara merawat smartphone yang benar? Nah berikut ini Begawei akan membagikan tipsnya untuk anda semua.
ALT
Cara Merawat Smartphone
Secara umum tips dan cara merawat smartphone ini sama halnya dengan ponsel biasa. Perawatan bagian luar dan dalam dimaksudkan agar tidak terjadinya kerusakan pada smartphone kesayangan anda. Namun agaknya dalam menggunakan smartphone agaknya lebih berhati-hati karena smartphone itu sebagian besar bodynya terdiri dari layar yang materialnya terbuat dari kaca. Selain itu untuk merawat smartphone dengan tepat dibutuhkan kejelian dan keuletan agar smartphone anda tetap awet dan kinclong. Nah yuk langsung saja Begawei berikan tips cara merawat smartphone yang baik. Penasaran dengan tips dan trik kali ini? Yuk kita simak ulasan cara merawat smartphone yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
Sektor Body atau Tubuh Smartphone
Cara merawat smartphone ini merupakan cara yang sangat umum untuk menjaga kemulusan body. Dengan cara memakai pelindung smartphone baik itu lather case ataupun flip case tentunya akan melindungi semua sisi pada tubuh smartphone anda. Untuk smartphone yang tidak mempunyai standar sertifikat IPx5 ataupun IPx6 yang berupa sertifikasi anti air, sertifikasi anti debu, sertifikasi anti banting dan lain-lain. Tentunya harus lebih berhati untuk menjaga smartphone anda tidak terkena air, tenggelam, dan terjatuh agar tidak mengalami keurusakan. Namun apabila smartphone anda memiliki sertifikat perlindungan anda bisa lebih bernafas lega apabila sampai melakukan kesalahan. Karena untuk smarphone yang memiliki sertifikat perlindungan akan tercover dengan garansi resmi apabila mengalami kerusakan. Selain merawat dan meminimalisir kesalahan tersebut. Anda juga dapat merawat smartphone anda dengan cara membersihkan seluruh body secara rutin.
Sektor Sistem atau Software
Cara merawat smartphone selanjutnya yaitu dengan cara menginstal aplikasi ataupun game yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi. Karena apabila anda menginstal aplikasi ataupun game banyak sedangkan spesifikasi smartphone anda tergolong kurang maka mengakibatkan lambannya kinerja smartphone anda. Anda juga harus lebih berhati-hati dalam menginstal aplikasi atau game pihak ketiga lainnya. Diluar store resmi terdapat banyak aplikasi modifikasi yang gratis yang mungkin ditanamkan malware ataupun virus. Untuk menanggulanginnya anda dapat menginstal aplikasi antivirus terpercaya ataupun lebih selektif dalam menginstal aplikasi diluar store resmi. Selain tips dan cara merawat smartphone tersebut anda juga dapat menginstal aplikasi tune up untuk sistem operasi anda agar kinerja sistem dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Aplikasi tune up sistem banyak tersedia di store resmi masing-masing platform.
Sektor Layar
Nah untuk cara merawat smartphone selanjutnya adalah dengan cara memasang screen protector atau sejenisnya. Tentunya dengan cara merawat smartphone ini akan melindungi layar smartphone apabila terjadi goresan. Namun perlu diketahui beberapa smartphone yang diciptakan telah diberikan perlindungan layar baik itu hard glass, gorilla glass ataupun perlindungan lainnya yang mempunyai perlindungan dengan level yang berbeda.
Baterai
Nah pada tahap ini merupakan tahap yang paling vital pada cara merawat smartphone. Baterai yang mempunyai fungsi memasok daya ke smartphone agar dapat digunakan haruslah dijaga dengan baik. Dengan melakukan isi ulang yang tepat pada saat baterai masih memiliki presentase yang cukup antara 10-15 %  dan melepas charger apabila baterai sudah dalam kondisi penuh adalah cara terbaik dalam merawat smartphone. Apabila pengguna sampai lalai dalam memperhatikan cara pengisian ulang maka akan mengakibatkan baterai drop sehingga ketahanan daya baterai akan menurun bahkan bisa rusak. Selain itu anda juga tidak diperkenankan untuk menggunakan charger dari perangkat lain karena bisa saja perangkat lain memiliki output yang berbeda dengan intput power yang seharusnya smartphone minta. Bagaimana sekarang tahu kan bagaimana cara merawat smartphone yang benar untuk lini baterai? Yuk kita lanjut ke cara berikutnya.
Tombol atau Keyboard
Cara merawat smartphone pada bagian ini tidak kalah pentingnya untuk menjaga smartphone dalam keadaan yang baik. Tombol-tombol sendiri memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apabila digunakan secara terus menerus maka akan menurunkan fungi tombol itu maka dari itu anda dapat menggunakan cara lain untuk menggunakan tombol tersebut dengan jalan pintas contohnya.
Kamera & Speaker
Lalu  cara merawat smartphone di sektor kamera dan speaker juga merupakan bagian yang penting agar smartphone dapat menjalankan fungsinya sebagaimana perintah pengguna. Pada sektor kamera diharapkan pengguna menggunakan pelindung yang menjadi satu bagian pada pelindung body ataupun memberikan perlindungan kaca lensa kamera agar tidak terjadi goresan yang tidak diinginkan. Untuk sektor speaker merupakan sektor yang terpenting dalam kebutuhan berkomunikasi. Cara merawat speaker adalah dengan tidak menaruh smartphone dekat dengan medan magnet, sumber air maupun benda logam kecil lainnya yang dapat menempel pada speaker dan merusak speaker.
Backup dan Restore
Nah cara merawat smartphone yang terakhir dalam menjaga smartphone adalah melakukan backup secara berkala. Karena apabila smartphone mengalami kerusakan maka data-data yang berada pada smartphone akan dapat direstore atau dikembalikan. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan kehilangan data. Anda juga dapat membackup data pada perangkat lain misalnya hardisk PC/Laptop, flashdisk dan lain sebagainya.
Lain-lain
Anda dapat merawat pin konektor dan baterai konektor smartphone secara berkala agar dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Pada saat penggunaan juga diharapkan agar suhu  tetap terjaga stabil atau tidak terlalu panas.
ALT
Nah itulah beberapa tips cara merawat smartphone yang baik dari Begawei kali ini yang dapat anda coba dilakukan secara mandiri di rumah. Sebenarnya masih bagian-bagian tersebut masih luas dan bisa diperdalam lagi. Tetapi untuk penggunaan standar Begawei rasa tips dan cara merawat smartphone diatas sudah sangat cukup. Apabila anda ingin mempraktekkan tips dari Begawei tersebut tentunya termasuk mudah dan ringkas bukan? Mengingat petunjuk yang ada termasuk jelas dan simple untuk dilakukan. Dari hal-hal yang sederhana tersebut maka smartphone yang digunakan akan mempunyai masa penggunaan yang lebih lama dan smartphone akan nampak fresh selalu. Itulah informasi cara merawat smartphone yang Begawei sampaikan kali ini, semoga bermanfaat. 

Komentar