TIPS MENGENAL LINKEDIN UNTUK PEMULA

TIPS MENGENAL LINKEDIN UNTUK PEMULA LinkedIn tampil sedikit berbeda dengan jejaring sosial kebanyakan. Situs ini diperuntukkan bagi kalangan profesional. Alhasil, mengoptimalkan LinkedIn untuk 'menjual diri' pun sangat memungkinkan. 
Jangan salah kaprah dulu. Maksud 'menjual diri' di sini tentu saja untuk mencari kerja. Sebab bukan tidak mungkin para pemburu karyawan beroperasi atau mencari referensi dari situs ini. Sehingga tentunya Anda harus mempersiapkan diri.

LinkedIn sendiri didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 silam. Situs ini memang belum sebesar Facebook atau sepopuler Twitter. Sebab baru memiliki 161 juta anggota di lebih dari 200 negara. 

Namun untuk ukuran jejaring sosial profesional, prestasi LinkedIn sejatinya cukup mentereng. Bahkan saat ini, mereka sudah mengakomodir 17 bahasa.

Nah, bagi Anda yang belum pernah mencoba LinkedIn, berikut kiat untuk mengenalnya seperti dilansir Mashable, Kamis (31/5/2012):

1. Profil
Seperti jejaring sosial lainnya, LinkedIn juga mengharuskan pengguna membuat profil mereka. Namun sesuai fungsinya, dalam profil LinkedIn lebih menitikberatkan kepada pengalaman kerja dan skill profesional pengguna.

Kelengkapan profil tentu menjadi sesuatu yang penting untuk diisi. Sebab, ini akan menjadi referensi bagi pihak yang ingin mengontak Anda untuk menawarkan suatu pekerjaan.

LinkedIn sendiri mengukur kelengkapan isian profil (profile completeness) mulai dari 0-100%. Semakin tinggi persentase Anda tentu semakin baik, karena ini juga akan berpengaruh di mesin pencarian LinkedIn.

Untuk memastikan bahwa profl Anda 100% telah dilengkapi, LinkedIn pun memberikan rekomendasi daftar informasi apa yang harus dilengkapi:
-. Jenis industri yang digeluti 
-. Posisi pekerjaan saat ini dan deskripsinya
-. Karir sebelumnya
-. Riwayat pendidikan
-. Skill yang dimiliki, setidaknya ada lima
-. Foto profil
-. Koneksi (connections) teman minimal ada 50
-. Summary
Cukup sekian semoga bermanfaat buat anda,tunggu artikel berikut nya.

Komentar