Tulloch Castle Dingwall Inggris

Hoter angker didunia, Beberapa Tamu mengklaim mereka kerap terbangun SAAT tidur di di KAMAR Delapan Artikel Baru kondisi hampir tidak Bisa bernapas seperti dicekik. Salah seorang Tamu berkisah

Dalhousie Castle Edinburgh Inggris

Hotel angker didunia,Hantu Lady Catherine dikatakan menghantui Kastil Dalhousie di Edinburgh. Legenda mengatakan bahwa Lady Catherine meninggal karena Patah Hati. Tamu Hotel mengklaim bahwa mereka 

Jamur Jenggot | Hericium erinaceus

Jamur ini terlihat seperti mie atau jenggot. Ini adalah jamur merang dalam kelompok jamur gigi. Di alam liar, jamur ini biasa tumbuh selama akhir musim panas dan jatuh pada kayu keras yang mati, terutama jenis

Jamur Sky Blue | Entoloma hochstetteri

Entoloma hochstetteri adalah spesies jamur yang ditemukan di Selandia Baru dan India. Jamur kecil dengan warna khas biru, sedangkan insangnya memiliki warna kemerahan. Warnai biru dihasilkan oleh tiga pigmen

Jamur Ekor kalkun | Trametes versicolor

Trametes versicolor, sering disebut Turkey Tail atau "ekor kalkun"

Jamur Devil's Cigar | Chorioactis

Sebuah jamur berbentuk bintang, yang disebut Devil's Cigar (Chorioactis geaster) adalah salah satu jamur paling langka di dunia. Ini juga dikenal sebagai bintang Texas. Jamur ini telah terdeteksi hanya ada di Texas, dua lokasi terpencil di Jepang, dan yang terakhir di pegunungan Nara. The Devil's Cigar menyerupai kapsul berbentuk cerutu berwarna coklat tua yang berubah menjadi bintang berwarna cokelat ketika ia menjadi terbuka untuk melepaskan spora nya. Ini juga merupakan salah satu dari beberapa jamur yang dikenal yang dapat menghasilkan suara peluit yang berbeda ketika melepaskan spora nya.

Jamur Bola Raksasa | Calvatia Gigantea

Jamur bola raksasa, Calvatia gigantea, mudah dikenali dari ukuran dan bentuknya. Jamur ini seukuran bola sepak bola. Namun, dapat tumbuh lebih besar lagi.

Jamur Gigi Berdarah | Hydnellum pecki

Jamur gigi berdarah ini dapat ditemukan di Amerika Utara di mana ia lebih sering tumbuh di Pacific Northwest dan sebagian besar berada di hutan. The Bleeding Tooth juga ditemukan di Eropa dan baru-baru ini telah ditemukan di Iran dan Korea. Sekilas jamur ini mirip gigi berdarah, atau tetesan darah luka hewan yang menempel di jamur putih. Ketika diperiksa lebih dekat, menjadi jelas bahwa jamur ini mengaliri cairan merah melalui pori-pori kecilnya sendiri.


Jamur Otak|Gyromitra esculenta

Gyromitra esculenta, salah satu dari beberapa spesies jamur yang dikenal sebagai morels palsu, adalah jamur ascomycete dari genus Gyromitra, didistribusikan secara luas di Eropa dan Amerika Utara. Biasanya jamur 
ini tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon jenis konifera pada musim semi dan awal musim panas. Jamur ini berbentuk sebuah otak yang tidak teratur atau topi coklat tua yang dapat mencapai 10 cm dan 15 cm lebarnya. 
Meskipun berpotensi fatal jika dimakan mentah, Gyromitra esculenta adalah makanan lezat yang populer di Skandinavia, Eropa Timur, dan wilayah atas Danau Besar Amerika Utara. Meskipun populer di beberapa daerah Pyrenees timur, tapi jamur ini dilarang di Spanyol. Jamur otak ini dijual segar di Finlandia, tetapi harus disertai dengan peringatan dan petunjuk tentang persiapan yang benar. Biasanya jamur otak dibikin omelet, sup, atau tumis dalam masakan Finlandia. Bukti terbaru menunjukkan bahwa prosedur keamanan ini tidak dapat membuat jamur seluruhnya aman, sehingga meningkatkan kekhawatiran risiko bahkan ketika disiapkan dengan benar.


The Blue Hole of Belize

Great Blue Hole adalah lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize. Lubang itu terletak di dekat pusat Karang Lighthouse, sebuah atol kecil yang berjarak 70 kilometer (43 mil) dari daratan dan Belize City. Lubang dalam bentuk melingkar, lebih dari 300 m (984 kaki) di seluruh dan dalam 125 m (407 kaki).

 Lubang ini terbentuk selama beberapa peristiwa glasiasi Kuarter ketika permukaan air laut jauh lebih rendah - analisa penemuan stalaktit di Great Blue Hole menunjukkan formasi yang telah terjadi 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun yang lalu. Sebagai laut yang mulai muncul kembali, gua-guanya tergenang. Great Blue Hole adalah bagian dari Sistem Cagar Karang Penghalang Belize yang lebih besar, sebagai Situs Warisan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). 

Laguna Colorada

The Laguna Colorada terletak di dekat Bolivia ke perbatasan Chili. Warna kemerahan dari perairan adalah berkat sedimen merah dan pigmentasi alga. Selain air merah, Laguna Colorada juga rumah bagi banyak jenis flamingo dan sejumlah pulau boraks putih. pulau Borax dibentuk oleh penguapan berulang danau musiman, seperti Laguna Colorada.

Danau Nakuru

Danau Nakuru adalah sebuah danau yang sangat dangkal di Kenya tengah.kelimpahan Danau tentang alga menarik sejumlah besar flamingo lebih rendah, kadang-kadang lebih dari satu juta sekaligus. Sering disebut tontonan burung terbesar di bumi, flamingo harfiah putar pantai merah muda. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir jumlah flamingo telah mengalami penurunan, akibat penurunan kualitas lingkungan dan polusi.

Columbia River Gorge Oregon


Wahclella Falls adalah salah satu air terjun yang paling mengagumkan dan mencolok di Columbia River Gorge, menabrak dua tingkatan melalui saluran sempit (50 ft dan 80 ft). Bahkan di akhir musim panas, Tanner Creek memiliki banyak aliran dan air terjun masih mengesankan. 

Jejak cukup mudah karena memanjat bersama Tanner Creek ke air terjun, secara bertahap naik 300 ft lebih dari satu mil. Jejak perpecahan sebelum sampai ke air terjun. Anda dapat mengambil garpu baik, tetapi jika Anda pergi ke kanan, itu adalah sedikit lebih mudah.

Pada musim semi, Anda dapat melihat Fork Timur Terjun seperti tetes antara dua tingkatan Wahclella Falls. Anda dapat melihat ini jika Anda menemukan titik pandang tinggi-tinggi di sisi (barat) kanan sungai. Ini benar-benar menambahkan elemen luar biasa untuk Wahclella Falls.



Ular Purba


Ular buta (ular purba) telah ditemukan sebagai salah satu dari beberapa spesies yang hidup sekarang di Madagaskar yang telah ada sejak pulau ini terlepas dari India sekitar 100 juta tahun lalu, menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Blair Hedges dari Penn State University di amerika serikat dan Nicolas Vidal, dari Muséum National d’Histoire Naturelle di Paris. (Credit: Frank Glaw) ScienceDaily (31 maret 2010) — “Ular buta tidaklah cantik, ia jarang ditemukan,dan sering dikira cacing tanah,” kata Blair Hedges, professor biologi dari Penn State University.
Bagaimana Ular Purba Mampu Bertahan Hidup?
“Walau begitu, mereka memberikan sejarah evolusi yang sangat menarik.” Hedges dan Nicolas Vidal, dari Muséum National d’Histoire Naturelle in Paris, adalah wakil ketua tim yang menemukan kalau ular buta adalah salah satu dari sedikit kelompok organisme yang tinggal di Madagaskar saat ia berpisah dari India sekitar 100 juta tahun lalu dan masih hidup hingga sekarang. Hasil studi mereka diterbitkan tanggal 31 maret 2010 dalam Royal Society journal Biology Letters.
Ular buta (ular purba) memuat sekitar 260 spesies dan menjadi kelompok terbedar dari ular mirip cacing di dunia — scolecophidians. Hewan bawah tanah ini umumnya di temukan di benua selatan dan kepulauan tropis, namun ada di semua benua kecuali antartika. Mereka memiliki penglihatan yang tereduksi — dan inilah mengapa di sebut “buta” — dan mereka memakan serangga sosial seperti rayap dan semut. Karena hampir tidak ada fosil ular buta, evolusi mereka sulit dipahami. Juga, karena gaya hidup bawah tanah mereka, para ilmuan telah lama berpikir bagaimana mereka bisa menyebar dari benua ke benua.

Dalam studi ini, tim menyelidiki evolusi ular buta dengan memeriksa genetika spesies hidup. Mereka mengekstrak lima gen nukleus, yang menyandi protein, dari 96 spesies ular mirip cacing untuk membuat pola percabangan evolusi mereka dan memungkinkan tim ini memperkirakan waktu divergensi beragam silsilah ular buta dengan jam molekul. “Penemuan kami menunjukkan kalau apungan benua berpengaruh besar pada evolusi ular buta,” jelas Vidal, “karena memisahkan populasi satu dari yang lain saat benua-benua berpisah.”
Mutasi pada gen merekam sejarah ular bermata kabur ini. Penelitian genetika mengungkapkan kalau leluhur ular mirip cacing muncul di Gondwana, superbenua selatan purba. Pemisahan awal terjadi sekitar 155 juta tahun lalu saat Gondwana terpecah menjadi Gondwana timur (massa daratan Antartika, India, Madagaskar dan Australia) dan Gondwana barat (massa daratan amerika selatan dan Afrika). Penduduk Gondwana timur — ular buta — lalu berdiversi menjadi beberapa silsilah termasuk sebuah famili baru yang dinamai dalam studi ini dan hanya ditemukan di Madagaskar. Kemudian, Gondwana timur terpecah menjadi sebuah massa purba — yang disebut para peneliti “Indigaskar” (India plus Madagaskar) — dan pecahan lain memuat Australia dan Antartika. Penelitian menunjukkan kalau famili baru di Madagaskar muncul sebagai hasil dari pemecahan massa daratan Indigaskar sekitar 94 juta tahun lalu.

Isolasi panjang Madagaskar telah membawa pada evolusi banyak hewan endemik unik termasuk famili ular buta ini, beraneka ragam lemur, dan mamalia langka lainnya. Sayangnya, baik hewan maupun tanaman Madagaskar kini terancam punah karena kehilangan habitat. Kata anggota tim Miguel Vences, profesor dari Technical University of Braunschweig, Jerman dan salah seorang pejabat bidang keanekaragaman hayati di Madagaskar, “Penemuan akar purba kelompok hewan di Madagaskar memberi kita alasan lebih besar untuk melindungi habitat mereka yang semakin lenyap.”
Jika ular buta berawal dari Indigaskar, menyisakan sebuah famili hidup endemik sebagai bukti di Madagaskar, bagaimana mereka semua muncul di berbagai lokasi di dunia yang ada sekarang — Eropa, Asia, Australia, Afrika dan Amerika?

Filogeni yang dibuat oleh tim Hedges dan Vidal menunjukkan sederetan diversifikasi ular buta, keluar madagaskar, yang terjadi antara 63 hingga 59 juta tahun lalu. Periode diversifikasi terbesar ini bertepatan dengan waktu permukaan laut rendah, saat hubungan antara benua terbentuk dan persebaran hewan demikian lewat menempel pada benda-benda yang mengapung di lautan adalah mudah. Ular buta bergerak keluar Afrika lewat Eropa dan Asia — superbenua purba Laurasia di Utara — atau keluar India dan kemudian dari Asia tenggara ke Australiasekitar 28 juta tahun lalu. Karena tidak ada hubungan darat antara Asia dan Australia masa itu, ulat buta ini hanya dapat mencapai Australia dengan menyeberangi samudera hanya dengan menumpang pada benda-benda yang hanyut. Setelah itu, pemisahan silsilah ular buta mungkin terjadi karena mereka mengikuti evolusi dan tersebarnya mangsa mereka — semut dan rayap — dalam beragam daerah geografi.

Mengapung menyeberangi samudera tampaknya mekanisme yang tidak masuk akal bagi hewan bawah tanah bisa menyebar ke benua baru, namun ada kejadian kedua penyeberangan samudera oleh ular buta pada kelompok yang tersisa di Gondwana Barat : Gondwana Barat terpisah sekitar 100 juta tahun lalu, membuat Afrika dan Amerika Selatan menjadi benua yang terpisah, namun pemisahan genetik antara ular buta Afrika dan Amerika Selatan terjadi hanya pada 63 juta tahun lalu. Penemuan ini menunjukkan kalau ular buta mungkin tetap di Afrika saat Gondwana Barat membelah dan kemudian baru bergerak ke Amerika Selatan — dan kemudian ke India Barat — dengan mengapung menyeberangi Atlantik dari timur ke barat.

Perjalanan ini jarang didokumentasikan. Hanya enam atau tujuh vertebrata lainnya yang diduga melintasi Atlantik dalam arah menuju ke barat. Namun, penyeberangan akan membutuhkan waktu setidaknya enam bulan dan mungkin terlalu sulit bagi ular buta, yang memiliki kebutuhan makanan relatif kecil dan mungkin menumpang pada rakit tanaman bersama dengan mangsa serangganya.

Ikan Duyung


Tahun 1493, Christopher Columbus berlayar mendekati Haiti kepulauan Hawai, beserta para awak kapalnya melihat tiga mahluk aneh, yang muncul di permukaan laut luas dekat sebuah gugusan karang.
Mereka keheranan, tatkala melihat wajah dan bentuk fisik mahluk tersebut. separuh badan seperti manusia. Berlainan sekali dengan mahluk yang telah mereka kenal, di muka bumi ini. Ketika mereka mencari jawaban dari rasa keheranan itu, ketiga makhluk tersebut keburu menghilang ke dalam lautan luas, meninggalkan para awak kapal yang bengong kebingungan.
Pengalaman aneh itu terus membayangi pikiran Columbus sepanjang hidupnya, dan jadi pembicaraan hangat di manapun ia berkumpul. Malah dalam satu terbitan jurnalnya, pelaut Spanyol itu (kelahiran Italia, orang Italia) menorehkan dalam catatannya, bahwa makhluk itu wajahnya benar benar menyerupai manusia, tapi dari pinggang ke bawah seperti ikan. Catatan Columbus itu, mengundang banyak pertanyaan para pembaca. Seterusnya menimbulkan polemik dan perdebatan serius, dari para ilmuwan hingga beratus ratus tahun kemudian.. “Masa ada manusia yang hidup dan tinggal di dalam lautan, padahal untuk hidup di air, mahluk hidup harus memiliki insang ?” pikir para peneliti setengah percaya setengah tidak ,tatkala membaca catatan Columbus sehubungan fenomena misterius itu.
Catatan penemu benua Amerika itu, hingga saat ini terus berkembang. Bahkan selain Columbus, konon seorang pelaut Inggris bernama Henry Hudson, mengakui pernah bertemu dengan mahluk aneh seperti penemuan Columbus. Ia mengakui pertemuannya dengan mahluk misterius itu pada tahun 1608. Mahluk aneh itu dijumpai di sebuah gugusan pulau yang sebagian daratannya diliputi salju. Kisah perjalannya mengarungi “tujuh samudera” yang di antaranya ke daerah gugusan pulau pulau di dekat Siberia, Kutub Utara yang masih asing., dituangkan dalam dalam buku “The Adventures”Dikisahkan, ketika siang itu, dia dan para awak buah kapal sedang belayar di lautan Utara Rusia, di teropong pelaut melihat sosok benda mencurigakan berada di pinggir pantai sebuah gugusan karang yang diselimuti salju. Digambarkan bentuk mahluk itu, pada bagian atas jasadnya seperti manusia belia. Lekuk tubuhnya sangat jelas, memiliki rambut panjang tergerai dibalik bahu yang putih. Bagian tubuh bawahnya, yang ada di permukaan pasir pantai mirip seekor ikan.

Begitu mahluk itu menoleh ada mahluk asing di dekatnya, kawanan mahluk itu bergegas menghilang di kedinginan laut utara yang banyak esnya.Berbagai teori dan analisis dari berbagai belahan bumi, yang dikaitkan dengan misteri perwujudan ikan duyung itu, selama ratusan tahun terus bermunculan. Bukti demi bukti pun mulai banyak terungkap, baik berupa mummi, gambar di dinding kuil, bangunan kuno, ataupun bukti berupa patung-patung kuno.

Kisah manusia ikan ini, nyaris seperti cerita UFO atau
mahluk purba lainnya seperti, Lochness, ular naga, dan big foot yang merebak tidak pernah habis jadi bahan berita berdasarkan penemuan dan bukti bukti di lapangan, ditambah dengan berbagai bentuk pengujian. Para ilmuwan menyimpulkan, pada dasarnya para ahli bersepakat, bahwa mahluk purba ini merupakan salah satu spesies hidup yang pernah ada di muka bumi ini.

Hingga kini, kemajuan sains dan teknologi kelautan di dunia, pada dasarnya belum mampu mengungkap lebih jauh data data yang berkaitan dengan kehidupan mahluk air misterius ini.Dengan peralatan dan teknologi canggih sekarang, para ahli konon baru mampu menyelam hingga kedalaman sekitar 4.000 meter saja. Para ahli kelautan mengatakan, 70 prosen dari isi lautan dihuni oleh dua triliunan spesies biota laut yang kehidupannya belum terungkap. Yang sudah diinvestigasi para ahli saat ini, tidak lebih dari angka satu persen saja.

Jadi bukan tidak mungkin, ikan duyung juga sebenarnya wujud dari sebuah spesies biota laut yang pernah hidup. Namun diduga telah hilang dari percaturan sebelum kehidupannya diteliti. Memang semua kehidupan di kedalaman samudra, hingga kini masih belum terungkap semua.Hanya sedikit sekali yang tejangkau oleh para ahli kelautan dunia.

Dalam catatan dokumenter internasional lain, yang dibuat seorang veteran Perang Dunia II dan ahli ilmu pengetahuan alam bangsa Yunani bernama Pulini, dalam karya abadinya yang berjudul (terjemahan) “History of Universe ” ( Sejarah Alam) dikatakan, berdasarkan bukti dan data yang terekam, yang diperoleh dari seluruh belahan bumi, keberadaan mahluk setengah ikan tersebut tidak perlu diragukan.Namun demikian, dari kehidupannya yang panjang, masih banyak jejaknya yang belum terungkap dan masih diselimuti misteri. Ia bahkan menduga kuat, bahwa mahluk air yang misterius itu masih ada keterkaitannya dengan mahluk dunia yang hilang di benua atlantis.

Para ahli lainnya, yaitu Doktor Yelimiya, ilmuwan dari Rusia juga menceritakan penemuan kelompok studinya, yang terdiri dari para ahli biota laut. Mereka menemukan data sesosok mumi mahluk misterius di sebuah goa pesisir Pantai Laut Hitam,yang merupakan bagian dari wilayah Rusia Selatan. Kabar penemuan ini, diungkapkan dalam sebuah jurnal penelitian ilmiah. Mereka mengungkapkan,sosok makhluk yang ditemukan tersebut berbeda dengan temuan temuan di daerah lain.
Mahluk aneh ini lebih tampak benar benar seperti seorang wanita, berparas aneh berkulit hitam. Fisik mummi ini dari ekor hingga pinggangnya bersisik, sementara dari bagian tengah ke atas berupa wajah manusia dengan panjang 173 cm. Dari uji carbon, para ilmuwan meyakini usia makhluk tersebut, ketika meninggal usianya lebih dari 100 tahun, dan usia mumminya berumur sekitar 4.000 tahun.

Di Indonesia, ikan duyung bentuknya seperti ikan lumba-lumba.Hidup berkelompok di perairan Timur Indonesia dari Pulau Bali hingga ke NTT dan Kepulauan Maluku. Ikan ini sangat jinak dan termasuk binatang menyusui atau mamalia laut, karena menyusui anaknya seperti ikan paus yang sering tertangkap oleh para nelayan.Uniknya bila bersentuhan dengan udara, dari bagian kelopak matanya keluar air. Air inilah mungkin,yang sering disebut dengan air mata duyung untuk diolah jadi minyak duyung yang memiliki khasiat dalam pengobatan dan konon juga dalam pengasihan.

Bila melihat data dan fakta yang bisa disaksikan oleh mata dan kepala kita, mahluk purba yang tubuh bagian bawahnya berupa ikan dan pada bagian kepalanya ada yang mirip manusia ini, memang pernah ada dan dipercayai pernah hidup di muka bumi. Berbeda dengan keberadaan sosok ular naga, atau mahluk mahluk misterius lainnya bukti bukti fisiknya hingga sekarang masih belum ditemukan. Sementara penyebaran informasi keberadaan mahluk “ikan duyung ” dan naga di dunia, sudah merambah luas.Namun apakah ikan yang separuh berbadan manusia cantik ini,masih ada sekarang? Tentu saja masih perlu dibuktikan. Setuju?

Segitiga Bermuda

Keajaiban Yang Masih Misteri,Anda pasti semuanya pernah mendengar nama Segitiga Bermuda. Segitiga Bermuda atau yang dalam bahasa Inggris disebut Bermuda Triangle adalah sebuah daerah, tepatnya laut di Samudra Atlantik yang dibatasi oleh kota-kota di Amerika Tengah (Straits of Florida, Kepulauan Bahamas, dan Kepulauan Karibia). Segitiga Bermuda adalah sebuah misteri. Konon, banyak pesawat atau kapal laut yang melintasi daerah ini menghilang secara tiba-tiba. Tak ada satu orang-pun yang tau kemana pesawat dan kapal laut tersebut menghilang.
Kebanyakan para ahli-ahli, pakar-pakar, atau orang-orang biasa seperti kita hanya menerka-nerka kemana dan bagaimana kapal laut atau pesawat itu bisa menghilang. Pakar Fisika mengatakan, pesawat dan kapal laut itu terhisap oleh sebuah pusaran lautan yang sangat deras dan kencang. Mereka semua hilang ditelan laut. Ahli cuaca mengatakan, mereka hilang karena disambar petir atau diterjang badai dan akhirnya tenggelam ke laut, karena di daerah Segitiga Bermuda (menurut mereka), cuacanya tidak menentu. Pakar kedukunan mengatakan, mereka hilang karena ditelan oleh setan-setan dan iblis-iblis yang terkutuk. Ustadz-ustadz mengatakan, mereka hilang dibawa atau diculik oleh Dajjal. Konon kabarnya, Dajjal telah muncul di bumi ini, dan kemuculan pertamanya yaitu di Segitiga Bermuda ini.

Tembok Besar China

Tembok Besar Tiongkok atau yang juga dikenal dengan nama tembok besar China adalah sebuah tembok terpanjang yang pernah dibangun oleh manusia dalam sejarah perkembangan manusia hingga saat ini. Nama lain dari tembok ini adalah Tembok Sepanjang 10.000 Li (Wànlĭ Chángchéng). Menurut hasil penelitian pemerintah RRC sendiri tembok sepanjang 8.851 km tersebut dibangun pada masa pemerintahan dinasti ming.

Keajaiban dunia|Petra

Petra dalam bahasa Yunani berarti "Batu" dan dalam bahasa Arab : البتراء, al-Bitrā merupakan situs arkeologikal di Yordania. Petra sendiri terletak pada dataran rendah di antara pegunungan yang membentuk sayap timur Wadi Araba, yaitu lembah besar mulai dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. 

Machu Picchu

Machu Picchu juga dikenal dengan julukanya yaitu kota inca yang hilang. Salah satu keajaiban ini dibangun sekitar tahun 1450. Gaya bangunan Machu Picchu sangat mirip dengan gaya bangunan Inka kuno, berupa batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat tersebut dikenal sebagai tempat yang sakral.

Chichén Itzá

Chichén Itzá merupakan sebuah situs kuno peradaban suku Maya yang terkenal akan ramalanya. Situs ini terletak di Meksiko semenjak abad 800 SM. Bangunan Chichén Itzá didirikan oleh raja suku Toltec bernama Quetzalcoatl yang datang ke Semenanjung Yukatan bersama pasukannya. Kala itu suku Maya sudah bermukim di wilayah tersebut. Kemudian suku maya dan suku Toltec bersama-sama mulai membangun berbagai kuil yang menyerupai piramid. Dapat disimpulkan bahwa periode puncak dari Chichen Itza adalah gabungan dua kebudayaan, yaitu kebudayaan suku Toltec dan suku Maya.  Situs ini, konon dianggap sebagai simbol pemujaan serta ilmu pengetahuan pada masanya. 

Koloseum Roma

Koloseum berada di kota Roma, Italia merupakan arena Gladiator pada masanya. Bangunan yang berukuran dengan tinggi 48 meter, panjang 188 meter, lebar 156 meter, serta memiliki luas seluruh area bangunanya sekitar 2.5 ha ini adalah sebuah karya besar bangsa romawi kuno. Dengan luas yang sedemikian rupa menjadikan tempat tersebut tempat yang megah untuk para penonton menyaksikan para Gladiator bertanding.

Taj Mahal

Taj Mahal merupakan diarsiteki oleh arsitektur mughal, pembuatanya memakan waktu selama 22 tahun dengan mempekerjakan 20.000 karyawan. Bangunan ini merupakan keinginan dari kaisar Mughal shah Jahan sebagai sebuah musoleum untuk istrinya yang berdarah Persia, bernama Arjumand Banu Begum juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Bangunan megah ini terletak di Agra, India. Sekilas tampak bangunan tersebut berupa beton, namun jika disaksikan dari jarak dekat anda akan melihat jika bangunan ini diperindah dengan 43 jenis batu permata, diantaranya adalah berlian, jed, kristal, topaz dan nilam.

The Great Barrier Reef

Semua orang pasti mengenal keindahan The Great Barrie Reef di Australia. Tempat yang terkenal dengan coral reef terbesar ini memmang merupakan tempat wisata favorit bagi para penyelam dan penggemar wisata alam yang berhubungan dengan keindahan bahari. The Great Barrier Reef memang mendukung keanekaragaman hayati yang besar. Termasuk banyak spesies langka yang hampir punah. Berbagai jenis hewan juga hidup disana, seperti paus, lumba-lumba, dan dugong. Hal terunik adalah tempat tersebut kaya hewan laut yang tergolong langka. Sepertigreen sea turtle, 
leatherback sea turtle, dwarf minke whale, indo-pasific humpback dolphin dan humpback whale. Selain jenis hewan, berbagai rumput laut seperti jenis Halophila dan Halodelu juga hidup disana.

Black Forest | Jerman

Sekilas kita mendegar kata Black Forest maka pasti pikiran kita tertuju pada kue Black Forest. Tapi kali ini yang di maksud dengan Black Forest adalah suatu nama daerah di Jerman Selatan. Tepatnya diantara Barat dan Selatan Jerman. Merupakan daerah pegunungan, dengan lembahnya yang ditumbuhi pohon cemara dan oaks sangat menawwan. Suatu pemandangan yang menajubkan.

Denagn alamnya yang mempesona maka tak heran tempat ini menjadi salah satu finalis keajaiban natural dunia. Gunungtertingi di daerah Black Forest ini adalah Feldberg (1.493m). Kota terdekat dari wilayah pegunungan ini adalah Freiburg im Breigau.

Pulau Komodo Indonesia

Kali ini akan menjelaskan tujuh dari puluhan finalis keajaiban dunia yang terbaru. Penetapan finalis ini merupakan pilihan 100 juta orang di seluruh dunia lewat situs internet dan pesan singkat (SMS). Simak 7 finalis pilihan favorit dunia berikut ini :

Pulau komodo terletak di kepulauan Nusa tenggara. Berpopulasi lebih dari 2500 komodo berada di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo. Pulau Komodo berada di sebelah barat Pulau Sumbawa yang di pisahkan oleh Selat Sape.

1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Styn datang dan membunuh seekor komodo tersebut. Membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

Bertasawuf Yang Benar

Imam Ja’far Al-Shadiq,Bertasawuf Yang Benar Dua orang ulama besar pernah hidup pada satu zaman. Keduanya dikenal sebagai ahli fiqih dan sekaligus ahli makrifat. Yang satu bernama Syech Sofyan Al-Tsawri

Keajaiban dunia Jeita Grotto

Gua yang bernama Jeita Grotto berlokasi di lembah Sungai Nahr al-kalb, 20 km utara ibu kota Beirut, Lebanon. Situs ini terdiri atas dua gua kapur terpisah, gua bagian atas dan bagian bawah. Denagn mengalirnya sungai bawah tanah sepanjang 6.230 meter (6.23kkm) Didalamnya tedapat jembatan semen alami memungkinkan turis melintasi struktur yang mirip istana.

Kaya akan stalaktit maupun stalagmit berkilau dari beberapamilenium lalu lewat tetesan air hingga tercipta jalan setapak di sekitar batu karang yang sulit dihancurka. Gua ini panjangnya 10 ribu meter (sekitar 33 kaki).

Dan terdapat stalakit terbesar di dunia yang menggantung 8,2 meter dari dari atap. Isatana isi perut bumi setiap tahun di kunjungi rata-rata 280 ribu wisatawan.

Keajaiban Angel Falss


Angel Falss, Venezuela, Angel Falls atau Air Terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertingi di dunia dengan ketingian 979 meter dengan jatuh tanpa hambatan 807 meter. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela.

Meskipun Pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cru, dunia belum dapat mengenalnya. Sampai ditemukan penerbang Amerika, James Crawford Angel yang terbang mencari Llokasi tambang emas. Tahun 1936 James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air tejun. Maka dinamakanlah "Air terjun Angel".

Grand Canyon Amerika Serikat

Grand Canyon, Amerika Serikat. Grand Canyon merupakan sebuah jurang tebingterjal, yang diukir oleh sungai Colorado, Utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunuia yang berada di Taman Nasional Grand Canyon.

Jurang ini diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuag selat selama jutaan tahun. Dengan panjang ratusan kilo meter dan lebar mulai dari 6 sampai 29 km, kedalaman lebih dari 1.600m. Hampir 2000 juta tahun sejarah Bumi terpotong Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataan Tinggi Colorado mulai terangkat.

Cara Mempelajari Feng Shui

Anda pasti akan kaget bukan kepalang kalau ada yang mengatakan belajar matematika adalah mubazir! Kita tak perlu kaget atau perlu membuat perhitungan dengan yang membuat argumentasi demikian. Soalnya yang punya keberanian ngomong begini pasti kuat pula alasannya. 

Stephen Wolfram dialah orangnya! Pada usia 15 tahun telah menulis di journal ilmiah dan oleh berbagai ilmuwan diprediksi bakal mengatasi kebesaran Newton, Charles Darwin dan Albert Einstein. Melalui bukunya A New Kind of Science setebal 1200 halaman dia menyampaikan kalau kompleksitas kosmos, kecerdasan dan kehidupan lebih mudah dipahami dengan algoritma.

Algoritma berbicara tentang seperangkat "rule" yang menjadi dasar keputusan atau tingkah laku manusia. Pedagang di pasar tradisional misalnya, meskipun tidak mengenal kata "algoritma" memiliki unwritten rule yang sangat membantu operasionalisasi toko mereka, seperti pindahkan uang ke laci terkunci jika pendapatan telah mencapai Rp. 100.000. Kalau dia tidak datang maka saya akan…. Seperti contoh-contoh tadi, kehidupan dalam pandangan Wolfram lebih banyak digerakkan oleh algoritma daripada matematika, oleh karena itu konstruksi pengetahuan berbasis matematika adalah mubazir.

Hanya waktu yang akan mengetest kebenaran absolute pemikiran Wolfram ini. Bagi kita tentunya tidak perlu menunggu sampai semuanya tersingkap. Secara intuisi yang penting kita tahu: matematika bukanlah segalanya. Sama seperti intuisi demikian, dalam fengshuipun begitu, tidak ada sebuah metode yang paling efektif atau mengandung kebenaran multak. Sayangnya masih banyak memiliki pandangan yang sebaliknya.

Oleh karena itu, mempelajari fengshui harus seperti anak-anak, yang terbuka terhadap semua pemikiran dan keep asking. Jika tidak bakal tertipu oleh metoda itu sendiri. Digabung dengan sulitnya mendapat penjelasan yang "masuk akal" beberapa orang malah melihat metode adalah kebenaran absolut. Padahal realitasnya setiap metode fengshui memiliki kelebihan sekaligus keterbatasan.

Sikap yang kaku, rigid atau mendewakan metode biasanya berawal dari motivasi. Jika motivasinya semata-mata untuk praktek maka menghafal metode adalah yang paling penting. Pada kelompok inilah yang lebih sering mendewakan metode daripada menemukan the truth within. Motivasi yang berbeda diperlukan karena sikap mendewakan metode akan menimbulkan halangan besar dalam pengembangan pengetahuan fengshui selanjutnya.

Motivasi keilmuan paling di anjurkan karena dengan motivasi demikian akan menjadi lebih terbuka dengan pemikiran alternative dan mudah bereksperiment dengan konsep-konsep lain diluar fengshui serta tidak mudah terjebak oleh berbagai macam klaim Dengan kerangka berpikir demikian tokoh fengshui sekaliber Grand Master Yap Cheng Hai adalah teladan yang patut ditiru. Meskipun usianya sudah sepuh (70-an) Beliau masih menunjukkan minat belajar yang besar. Dari seminar sehari metode mengingat cepat sampai berguru pada Pendeta Tao di Taiwan masih beliau lakukan.

Dengan sikap ini seorang pelajar fengshui dapat memahami dinamika fengshui dan memberi kontribusi positif kepada masyarakat. Paling minimal dengan sikap demikian dia memahami mengapa pada suatu ketika fengshui dapat dikatakan ilmu sementara dilain waktu dapat dikatakan art. Mengerti dua sisi fengshui ini akan membuat dia seperti penjelajah yang dibekali dengan amulet dapat terhindar dari jebakan sikap takut karena ketidaktahuan atau berani karena terbius permitosan fengshui.  Sumber : Akino W. Azzaro

Feng Shui Untuk Kamar Tidur

Feng shui berikut ini khusus untuk kamar tidur anda untuk menghindari penghuni dari berbagai chi atau energi negatif. Kamar tidur yang memiliki chi yang baik akan bisa menyehatkan penghuni, meningkatkan kualitas tidur dan juga menghindari chi negatif. Ini bertujuan untuk menyelaraskan antara hubungan Anda (manusia) dengan alam.

1. Gunakan satu kasur.
Kasur yang ditumpuk akan menggangu pandangan dan membuat kamar terlihat sempit. Jika tidak dapat dihindari, sebaiknya kasur disusun sejajar.

2. Bentuk ruangan yang beraturan (persegi).
Ruangan dengan bentuk teratur memudahkan anda dalam menyusun segala perabot dan tidak  menyisakan sudut-sudut kosong sebagai tempat bersarangnya energi negatif.

3. Letak kamar tidak diapit dua pintu.
Kamar tidak boleh berada diantara dua pintu yang saling berhadapan, atau menghadap langsung ke pintu utama karena akan menghalangi energi (chi) yang masuk dari depan.

4. Posisi terbaik diagonal antara pintu dan tembok di belakangnya.
Pastikan ketika membangun rumah, pintu kamar tidur berada pada posisi diagonal dengan tembok yang ada di belakangnya.

5. Tidak berada tepat di bawah palang menonjol, jendela, atau kamar mandi.
Palang menonjol yang telihat dari dalam kamar tidur akan memberikan kesan tidak rapi dan dapat mengganggu kenyamanan tidur anda. 

6. Tempatkan kamar tidur di sektor sejuk dan tenang.
Gunakan teori yin dan yang untuk warna tirai, seprai, dan karpet. Yang adalah putih terang, sedangkan yin hitam, gelap.

7. Posisi kepala menentukan keberuntungan.
Usahakan posisi kepala mengarah ke sheng chi (energi menguntungkan) Anda.

8. Hindari benda bentuk tajam mengarah ke posisi tidur Anda.
Perabotan dan aksesoris yang anda letakkan di dalam kamar sebaiknya tertata rapih di dalam laci atau buffet khusus sehingga tidak ada yang berserakan dan mengarah ke tempat tidur.

9.Hindari tempat tidur yang terpantul pada cermin.
Posisi cermin jangan berhadapan dengan tempat tidur, karena hal ini akan memantulkan bayangan yang tidak baik bagi hubungan anda dengan pasangan.

10. Hindarkan bentuk air di kamar tidur.
Bentuk air lebih tepat jika anda meletakkannya di halaman depan sebagai penangkap energi positif. Hindari pula tanaman hidup, lukisan binatang, benda tajam, atau pistol berada di dalam kamar.

Keajaiban Dunia Mount Everest

Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet puncaknya berada di Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m. Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.

Keajaiban Dunia Great Barrier Reef

Great Barrier Reef / Karang Penghalang Besar adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.

Keajaiban Dunia Grand Canyon

Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.

Jurang ini, diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.
Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di jurang sebagai “daun dalam buku cerita agung”. Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok jurang ini.

Keajaiban Dunia Pelabuhan Rio de Janeiro

Rio de Janeiro (bermakna “Sungai Januari” dalam bahasa Portugis) adalah ibu kota Negara Bagian Rio de Janeiro di Brasil bagian tenggara.Kota ini mempunyai luas sebesar 1.256 km² dan penduduk sekitar 6.150.000 juta jiwa (2004).Sekitar 10 juta orang tinggal di wilayah metropolitan Rio de Janeiro Raya, yang saat ini merupakan kota terbesar keempat di dunia.

Letak pelabuhan Rio De Janeiro sangat unik yaitu tepat berada di ujung muara sungai antara pertemuan laut dan sungai, selain kota pelabuhan kota tersebut juga mempunyai letak dan pemandangan geografis yang sangat indah, Brazil ditemukan dan dijajah oleh portugis pada tahun 1565 sehingga budaya , bahasa, kebiasaan, juga makanan mengacu kepada negara portugal yaitu karena adanya ikatan bathin antara dua negara tersebut.

Keajaiban Dunia Air Terjun Victoria

Keajaiban Dunia Air Terjun Victoria.Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128m (420 kaki).
David Livingstone, penjelajah Skotlandia, mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya, “asap menggelegar.” Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe, dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan obyek wisata utama di Afrika Selatan.

Shaum proses menuju sukses

Bulan Ramadhan bulan yg di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda . Maka barangsiapa di antara kalian hadir di bulan itu maka hendaklah ia shaum.” . Kaum muslimin rahimakumullah! Perintah shaum dalam Alquran dikaitkan dgn kepastian target mencapai sukses “.. pasti kalian menjadi orang yg takwa.”. Allah SWT menempatkan kata tattaquun dalam bentuk aktif sedang dan akan bertakwa hal ini menunjukkan bahwa target utama tercapainya ketakwaan seseorang harus melalui proses. Ketika Ramadhan tiba proses menuju pendewasaan ruhani mulai bergulir; kebiasaan ibadah meningkat semangat berzikir salat berjamaah melaksanakan aktivitas-aktivitas infak shadaqah begitu kondusif. Menahan lapar haus seksual mulai fajar hingga terbenam matahari dgn tulus dilaluinya. Membaca Alquran sampai khatam ditempuh dgn semangat membara. Hal yg wajar jika amaliah di bulan suci Ramadhan begitu spektakuler dilaksanakan kaum muslimin. Inilah proses tercapainya derajat takwa yg akan membawa kepada kesuksesan. Dewasa ini kita memerlukan generasi-generasi yg sarat dgn mental qur’ani. Mereka adl yg dgn kesabaran keikhlasan ibadah ihsan dan keteguhan jiwanya terbentuk melalui proses pembinaan di bulan Ramadhan. Pendidikan apakah yg diberikan Ramadhan utk menuju sukses? Di antaranya ialah sabar ikhlas ibadah ihsan dan istiqamah. Sabar Dalam hadis yg diriwayatkan Ibnu Huzaimah ditegaskan. “Bulan Ramadhan adl bulan kesabaran dan ganjaran kesabaran adl surga.” Sabar adl memilih nilai agama dan mengesampingkan hawa nafsu. Di saat tidur lelap kita bangun utk sahur. Masih terasa kantuk segera mengambil air wudu utk melaksanakan salat subuh dilanjutkan dgn ta’lim kuliyah subuh. Mata sayu krn kurang tidur tubuh letih tetapi dgn kesabarannya dijalani dgn penuh semangat. Inilah pendidikan sabar. “Wahai orang-orang yg beriman jadikanlah sabar dan salat sebagai penolong kalian.”. Ikhlas Kata ikhlas memiliki makna yg erat kaitannya dgn Akidah ialah melaksanakan aktivitas semata-mata mengharapkan keridhaan-Nya. Menggantungkan segala kehidupannya hanya kepada Allah. Allahu al-Shamad . Satu-satunya suat yg dinamai Al-Ikhlas berbicara tentang tauhid dalam mengesakan-Nya. Puasa di bulan Ramadhan hanya dapat dilaksanakan dgn ikhlas. Karena itu orang melaksanakan puasa tidak krn riya dalam puasa keutamaan mengharapkan keridhaan-Nya adl segala-galanya. “Waridhwanum minallahi akbar.” . Ibadah Ibadah adl penghambaan diri kepada Allah SWT pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan begitu semangat dan indah. Demikianlah Ramadhan sarana terbaik dalam melaksanakan pembiasaan ibadah. Ibadah adl panggilan ruhaniah menuju Ilahi. “Dan tidaklan aku ciptakan jin dan manusia semata-mata utk menyembah kepada-Ku.” . Ihsan Ihsan ialah berbuat baik yg diimplementasikan dgn sikap meyakini seluruh akitivitasnya disaksikan oleh Yang Maha Agung. Dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 177 ditandaskan bahwa ihsan itu adl memberikan harta yg dicintainya kepada karib kerabatnya anak yatim orang miskin ibnu sabil orang yg minta-minta dan orang yg dimerdekakan. menyedekahkan harta yg dicintainya merupakan wujud ihsan. Istiqamah Istiqamah adl teguh pendirian disiplin tidak tergoyahkan. Di antara ayat kauniyah yg menggambarkan istiqamah digambarkan dgn ikan yg hidup di laut. Sekalipun air yg ada di laut rasanya asin tetapi ikan itu tubuhnya tidak ikut asin. Mengapa? krn ikan itu memiliki ruh krn ia hidup. Apabila ikan itu tidak memiliki ruh tentu diberi garam ia akan ikut asin; diberi gula ia akan ikut manis; diberi cuka akan asam. Mengapa demikian? krn ia mati. Orang yg melaksanakan puasa di bulan Ramadhan mereka tengah menurunkan ruh Alquran ke dalam jiwanya utk menuju hidup. “Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu utk menghidupkan hati.” . Orang yg memiliki ruh Alquran mereka sanggup menunjukkan pribadi disiplin teguh pendirian. Kaum muslimin yg dirahmati Allah!Kelima pendidikan di atas sungguh merupakan proses yg diperoleh pada bulan Ramadhan. Dengan puasa kelima hal tersebut tumbuh dgn subur pada jiwa tiap hamba Allah yg merindukan keridhaan-Nya. Kelima kualitas ini akan menghantarkan kepada derajat takwa puncak kesuksesan yg sanggup memeberikan cahaya imani pada kegersangan pribadi kesombongan kepongahan kekuasaan dan pribadi yg cacat. Oleh Nandang Koswara M.Pd. Catatan Dengan perubahan seperlunya. Al-Islam -Pusat Infomasi dan Komunikasi Islam Indonesia
sumber file al_islam.chm

Bacaan Zikir Setelah Salat

Seseorang dituntut agar melaksanakan salat seperti salatnya Nabi sesuai dgn sabdanya “Sholluu Kamaa Roatumuuni Usholli” . Karena beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan zikir jika telah selesai salat maka kita juga mengerjakannya meskipun tidak  mampu selengkap beliau. Zikir-zikir yg di baca Nabi saw tiap selesai salat banyak sekali baik yg diriwayatkan dgn sanad yg dhaif/lemah ataupun yg diriwayatkan dgn sanad yg shahih . Adapun zikir-zikir yg diriwayatkan dgn sanad yg shahih itu di antaranya adalah sebagai berikut 

1. Membaca ‘Istighfar’ . Hal itu sesuai dgn hadis Nabi saw yg diriwayatkan oleh Tsauban ra dia berkata “Rasulullah saw apabila selesai salat membaca Istighfar 3 kali dan membaca ‘Allahumma antas salaam waminkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroomi’.” . 

2. Membaca zikir ini “Laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syain qodiir” dan membaca “Allahumma laa maani’a limaa ‘a’thaita walaa mu’thia limaa mana’ta walaa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.” Hal itu sesuai dgn hadis dari al-Mughirah bin Syu’bah ra bahwasanya Nabi saw membaca zikir tiap selesai salat fardhu “Laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli sya’in qodiir” “Allahumma laa maani’a limaa ‘a’thaita walaa mu’thia limaa mana’ta walaa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu’ ” . 

3. Membaca Tasbih 33 kali Tahmid 33 kali dan Takbir 33 kali lalu pada hitungan keseratus membaca “Laa ilaha illallohu wahdahu laa syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syain qadiir.” Hal itu sesuai dgn hadis dari Abu Hurairah ra dari Rasulullah saw bersabda “Barangsiapa membaca tasbih 33 kali tahmid 33 kali dan takbir tiap selesai salat hitungan tersebut berjumlah 99 dan dia membaca pada hitugan keseratus ‘Laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli sya’in qodiir’ maka diampunilah segala dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih air laut.” 

4. Membaca zikir/do’a seperti yg diriwayatkan Sa’d bin Abi Waqqash utk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari kekikiran sifat penakut umur yg hina/pikun fitnah dunia dan fitnah kubur. Dari Sa’ad bin Abi Waqqash ra bahwa Rasulullah saw memohon perlindungan kepada Allah tiap kali selesai salat dgn bacaan “Allahumma inni a’udzu bika minal bukhli wa a’udzu bika minal jubni wa a’udzu bika min an urodda ilaa ardzalil umri wa a’udzu bika min fitnatid dunya wa a’udzu bika min adzaabil qobri .” . 

5. Membaca zikir/doa “Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika’. Hal ini sesuai dgn hadis Muadz bin Jabal bahwa Rasulullah saw berkata kepadanya “Aku berwasiat kepadamu wahai Muadz janganlah Engkau benar-benar meninggalkan tiap kali selesai salat membaca ‘Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika’ .” . 

6. Membaca ayat Kursi yaitu surah Al-Baqarah ayat 255 “Allahu laa Ilaaha Illa huwal hayyul qoyyuum laa ta’khudzuhu sinatuw walaa nauum lahuu maa fis samaawaati wamaa fil ardhi mandzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illa bi idznihi ya’lamu maa baiina aidiihim wamaa kholfahum walaa yuhiithuuna bisyain min ‘ilmihi illa bimaa syaa’a wasi’a kursiyyuhus samaawati wal ardho wa laa yauduhu hifdzuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adziim’ . Hal itu sesuai dgn hadis dari Umamah ra Rasulullah saw bersabda “Barangsiapa membaca ayat Kursi tiap kali selesai salat maka tidak akan menghalangi dia masuk surga kecuali dia tidak mati .” }. Sumber Subulus Salaam Muhammad bin Isma’il ash-Shan’ani Al-Islam - Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia
sumber file al_islam.chm